Senin, 08 Maret 2010

pengumpulan data

Survei inventarisasi Orchidae dilakukan untuk mengenali spesies Orchidae yang ada di Tahura WAR Gunung Pesawaran. Luas hutan primer gunung pesawaran adalah ± 667.315 m2 (Anonim, 2008; 1) jadi luas plot pengamatan adalah 66.7315 m2 atau 67.000 m2 luas ini adalah 10% dari total luas hutan primer pesawaran.

Metode survei yang dilakukan adalah metode jelajah, menulusuri rute jalan setapak di Tahura WAR Gunung Pesawaran sepanjang 15 km (list transek). Pada penelitian ini menggunakan 3 transek. Panjang tiap transek adalah ±5 km mengikuti jalur jalan setapak dimulai dari awal memasuki lokasi penelitian. Tiap transek dibagi menjadi 5 plot. Setiap 1.000 m dibuat plot-plot tegak lurus sepanjang 50 m ke kanan dan 50 m ke kiri. Gambar transek dapat dilihat pada gambar 7.
5.000 m



Pengambilan data dilakukan dengan pegamatan langsung terhadap setiap angggrek yang ditemukan pada daerah jelajah dicatat ciri-ciri morfologinya. Selanjutnya melakukan dokumentasi, dengan cara melakukan pemotretan sampel dan kondisi lingkungan sekitarnya dengan menggunakan kamera digital, serta melakukan pengukuran kondisi lingkungan yaitu Intensitas cahaya, kelembaban udara, dan suhu. Kelembaban udara diukur dengan menggunakan higrometer, suhu diukur menggunakan termometer, dan Intensitas cahaya diukur dengan luxmeter. Sebelum dilakukan pengukuran dilakukan kalibrasi alat. Pengukuran kondisi lingkungan dilakukan dengan tiga kali pengulangan, sebelum dilakukan pengukuran dilakukan kalibrasi alat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar